Makna Sejarah Sumpah Pemuda, Makna Nilai Kekeluargaan,Dinamika Gotong Royong,Perwujudan Kerjasama dan Gotong Royong pendidikan PKN kewarganegaraan indonesia
Tabel 6.2 Makna Sejarah
Sumpah Pemuda
NO
|
Aspek
Informasi
| DOWNLOAD
Uraian
|
1
|
Kronologis
peristiwa Sumpah Pemuda
|
Sumpah Pemuda
ialah suatu pengakuan pemda dan pemudi di Indonesia yang mengikararkan satu
tanah air,satu bangsa,satu bahasa . Sumpah Pemuda terjadi pada 27-28 Oktober
1928 yaitu kongres I dan kongres II
|
2
|
Semangat dan
komitmen peristiwa Sumpah Pemuda
|
Sumpah Pemuda
tidak hanya disusun semata-mata untuk menggerakkan para pemuda untuk meraih
kemerdekaan namun juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia
|
3
|
Makna Sumpah
Pemuda bagi perjuangan kemerdkaan
|
Dari Sumpah
Pemuda tersirat makna yang sangat penting untuk bangsa Indonesia . Para
pemuda telah mempersatukan pemuda pemudi di Indonesia untuk menjunjung tinggi
tanah air Indonesia dan telah mengikrarkan satu bangsa,tanah air,dan bahasa
yaitu Indonesia walaupun dari banyak berbagai RAS , suku , agama yang berbeda
pendapat
|
4
|
Makna Sumpah
Pemuda Bagi Pelajar
|
Sumpah Pemuda harus terus di tegakkan maka para
pelajar harus dapat memaknai hal penting dari Sumpah Pemuda yaitu : Menyalakan
api semangat dalam meraih prestasi, yaitu semangat untuk belajar agar prestasi
dapat kita raih. Karna di zaman modern ini sebenarnya kita masih terjajah
oleh negara lain. Sebagai contohnya dalam hal teknologi, untuk mengatasi hal
tersebut negara ini membutuhkan penerus(pelajar) yang bersifat,berpikir dan
bertindak modern namun masih memiliki rasa cinta terhadap tanah air.
Meninggkatkan
silaturahmi dan solidaritas antar siswa maupun masyarakat sekolah lainnya.
Memberikan
gambaran apabila ada keinginan maka akan ada jalan sehingga kita tak perlu
takut untuk bermimpi.
Selain itu dimasa yang serba modern ini kita
harus berfikir kritis dalam menanggapi masalah layaknya para pemuda dulu yang
berfikir cepat untuk menentukan persiapan merebut kemerdekaan
|
Tabel 6.3 Makna Nilai
Kekeluargaan
No
|
Aspek
Informasi
|
Uraian
|
1
|
Makna nilai
kekeluargaan
|
Keluarga memiliki
makna orang yang masih sealiran darah dengan kita.keluarga adalah satu unit
sosial yang terdiri daridua atau lebih orang yang dihubungkan oleh ikatan darah,ikatan perkawinan,atau adopsi
dan hidup / tinggal serumah atau mungkin tidak serumah.
|
2
|
Nilai-nilai
kekeluargaan
|
Nilai nilai
kekeluargaan menimbulkan keakrabandan rasa dekatseperti layaknya keluarga
dalam masyarakat.Seperti gotong royong,musyawarah,dan lain lain .
|
3
|
Perwujudan nilai
kekeluargaan di sekolah dan pergaulan
|
Contohnya adalah
belajar bersama,melaksanakan tugas piket,berpartisipasi dalam
menyusun,melaksanakan aturan di sekolah dan rasa saling membantu dan saling
menyayangi
|
4
|
Manfaat kehidupan
dilandasi nilai kekeluargaan
|
Kehidupan yang
dilandasi nilai kekeluargaan akan menimbulkan kenyamanan dan ketentraman di
dalam masyarakat ,karena dengan adanya kekeluargaan kita dapat selalu bersama
.
|
5
|
Akibat kehidupan
tidak dilandasi nilai kekeluargaan
|
Akibat dari
kehidupan yang tidak dilandasi nilai kekeluargaan akan mengakibatkan hidup dalam masyarakat
akan menjadi kacau dan tidak ada kerjasama antar sesama
|
Tabel 6.4 Dinamika
Gotong Royong
No
|
Aspek Informasi
|
Uraian
|
1
|
Pengertian Gotong
Royong
|
Gotong royong
adalah suatu kegiatan di dalam masyarakat untuk bekerja sama dalam membangun
suatu hal untuk mencapai suatu hasil
yang diingginkan
|
2
|
Bentuk Gotong
Royong Dalam Masyarakat Indonesia
|
Masyarakat
Indonesia terbiasa sering bergotong royong dalam segala hal.Dalam kehidupan
politik sila ke empat pancasila menempatkan pentingnya nilai gotong royong
yang dijadikan landasan kehidupan politik.
|
3
|
Bentuk
gotong royong dalam lingkungan keluarga
|
Membantu
membersihkan rumah, menyelesaikan masalah secara bersma-sama
|
4
|
Bentuk
gotong royong dalam lingkungan sekolah
|
Meminjami teman
pensil, membantu membersihkan kelas, membantu teman yang sedang kesusahan.
|
5
|
Perwujudan
nilai gotong royong dalam masyarakat
|
Saling membantu
antar warga, bersama –sama mebersihkan selokan,masjid,membantu warga lain
yang sedang kesusahan.
|
Tabel 6.5 Perwujudan
Kerjasama dan Gotong Royong
No
|
Bentuk
Kerjasama/Gotong Royong
|
Makna
untuk pribadi
|
Makna
untuk masyarakat
|
|||
1
|
Membersihkan
gorong-gorong
|
Kepuasan
batin telah mampu berbagi untuk sesama
|
Lingkungan
menjadi bersih, tidak ada banjir
|
|||
2
|
Membangun
jembatan
|
Kepuasan
dapat menjadi manusia yang berguna bagi sekitarnya
|
Untuk
kepentingan bersama yaitu sebagai alat penyebrangan.
|
|||
3
|
Memperbaiki
jalan yang berlubang
|
Kepuasan
peduli terhadap lingkungan sekitar untuk mencegah keburukan
|
Terhindar
dari kecelakaan , dan kenyamanan dalam berkendara
|
|||
4
|
Memotong
ranting pohon yang dekat dengan kabel listrik
|
Kepuasan
hati dan pikiran akan sesuatu yang mungkin saja terjadi
|
Agar
tidak terjadi konsleting listrik dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
|
|||
5
|
Membersihkan
makam yang kurang terawat.
|
Kepuasan
hati dapat membantu sesama walaupun hanya hal yang sederhana.
|
Bisa
menjaga kebersihan lingkungan desa,termasuk makam.
|
Comments
Post a Comment